Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language). Nama
Pascal diambil dari nama seorang ahli matematika dan filosofi terkenal abad 17 dari
Perancis, yaitu Blaise Pascal. Bahasa ini dirancang oleh Prof. Niklaus Wirth dari Technical
University di Zurich, Switzerland. Turbo Pascal adalah salah satu versi Pascal yang paling
popular dan banyak digunakan saat ini.
Bagian-bagian pascal:
Menu Bar
Adalah fasilitas yang ada pada setiap aplikasi window. Ada delapan Menu Utama yang
dapat dipanggil dengan menggunakan tombol Alt+[Huruf pertama dari menu]. Misal
ingin memanggil menu File, tekan tombol Alt+F.
Toolbar
Adalah kumpulan tombol-tombol bergambar yang berfungsi untuk memberikan
perintah pada komputer
Editor
Berfungsi untuk menulis dan menyunting program.
STRUKTUR BAHASA PASCAL
Kepala Program
Dalam Pascal, posisi kepala program adalah diawal program. Sintak dari kepala
program adalah:
Program <Nama> (<Daftar parameter>)
Penulisan Nama boleh sembarang, tapi harus dimulai dengan huruf dan bukan Reserve
Word (kata baku yang telah digunakan Pascal dan mempunyai definisi tertentu, misal
BEGIN, USES, dsb). Dapat terdiri dari kombinasi huruf, angka dan garis bawah.
Maksimal 127 karakter dan tidak ada perbedaan antara huruf besar dan huruf kecil.
Dalam memberikan Nama sebaiknya yang mempunyai arti sesuai dengan program
yang akan dibuat.
Contoh:
Program Hitung_Luas;
Program Soal_1;
Program Segitiga (Masuk, Keluar);
Bagian Deklarasi
Dalam Pascal, semua unit, label, konstanta, tipe, variabel, fungsi dan prosedur yang
akan digunakan harus dideklarasikan terlebih dahulu. Keenam deklrasi tersebut tidak harus ada semua Sebuah program bisa saja hanya mengandung deklarasi variabel.
Bagian Pernyataan
Bagian pernyataan diawal dengan kata BEGIN serta diakhiri dengan kata END dan
tanda titik. Setiap pernyataan diakhiri dengan tanda titik kona (;). Pernyataanpernyataan
yang disusun mengikuti algoritma tertentu diletakkan pada bagian ini.
Tipe Data dalam Pascal
Ada beberapa macam tipe data dalam Pascal, diantaranya adalah :
1. Integer, adalah susunan angka yang tidak mengandung koma. Disebut juga
bilangan bulat. Nilainya terletak antara -32768 s/d 32767.
2. Byte, adalah merupakan bagian dari integer. Nilainya terletak antara 0 s/d 255.
3. Real, merupakan tipe bilangan yang mengandung pecahan. Nilainya terletak antara
1E-38 s/d 1E+38.
4. Boolean, berhubungan dengan dua keadaan logika. Dapat bernilai True atau False.
5. Char, merupakan tipe yang hanya terdiri dari sebuah simbol karakter ASCII
6. String, merupakan tipe yang terdiri dari sejumlah karakter.
Pernyataan WRITE dan WRITELN
Bentuk pernyataan WRITE dan WRITELN:
WRITE (<argumen >);
Atau
WRITELN (<argumen>);
Jika pernyataan WRITELN yang digunakan, setelah menampilkan hasil maka kursor ganti
baris. Sedangkan jika pernyataan WRITE yang digunakan, setelah menampilkan hasil
maka kursor tidak ganti baris. Dalam format penulisan WRITE dan WRITELN jika yang
akan ditampilkan adalah suatu kata/kalimat yang tidak disinpan dalam suatu variabel, maka
kata/kalimat tersebut harus ditulis diantara tanda petik tunggal (’).
• WRITE atau WRITELN dapat menerima argumen berupa variabel
• WRITE atau WRITELN dapat menerima argumen bertipe data dasar (seperti boolean,
real atau integer) bahkan char atau string.
• WRITE atau WRITELN dapat menerima argumen lebih dari satu. Jika argumen lebih
dari satu maka harus dipisahkan oleh tanda koma (,).
• WRITE atau WRITELN dapat menerima argumen berupa ekspresi.
• WRITELN bisa juga tanpa argumen. Biasanya digunakan untuk membuat baris kosong;
Pernyataan READ dan READLN
Tiap-tiap data yang dimasukkan harus sesuai dengan tipe variabelnya. Setelah data
dimasukkan, tombol ENTER ditekan. Perbedaan antara READ dan READLN adalah pada
sifat menangani kelebihan data yang diinputkan
• READ : Jika ada kelebihan data, pernyataan ini tidak akan membuangnya. Kelebihan
data tersebut akan diberikan pada pernyataan READ atau READLN berikutnya.
• READLN : Jika ada kelebihan data, pernyataan ini akan membuangnya. Kelebihan data
tersebut tidak akan diberikan pada pernyataan READ atau READLN berikutnya.